Tutorial Google Sites #6: Cara Custom Domain Google Site

0
40
Tutorial Google Sites #6: Cara Custom Domain Google Site

Cara Custom Domain Google Site: Hallo sahabat cerdasweb pada sesi ke-6 ini kita akan membahas cara setting domain yang telah kita beli di provider penyedia domain yang tersedia luas diluar sana.

Pastikan kita telah membeli domain dengan baik diantaranya adalah Top-Level Domain (TLD). Domain TLD adalah bagian yang berada pada akhir nama domain.

TLD merupakan bentuk dari extensi sebuah domain, misalkan yang sering kita lihat adalah .com, .net, .org, atau co.id. Fungsi dasar dari costum domain adalah memudahkan kita atau user dalam mengingat sebuah alamat dari website.

Kita tidak perlu lagi mengingat alamat atau domain bawaan Google Site yang begitu panjang contohnya https://sites.google.com/view/suhaily/home dengan bantuan domain yang kita beli dapat memprsingkat alamat websitenya dan pastinya akan mudah untuk di ingat.

Dalam studi kasus Custom Domain Google Sites ini alamat dasar dari Google Sites akan kita rubah menjadi https://www.suhaily.my.id.

Cara Custom Domain Google Site Menggunakan Cloudflare

Dalam teknik ini pembelian domain boleh di mana saja dan boleh extensi domain apa saja. Misalakn kita udah beli domain yang murah untuk pembelajaran pointing domain ini dengan extensi .my.id yang hanya sekitaran Rp. 10.000,- pertahun nya.

Setalah proses pembelian selesai, maka kita lanjutkan dengan beberapa tahapan di bawah ini:

1. Daftar Akun Cloudflare

Pada tahapan awal pastikan untuk mendaftar Cloudflare terlebih dahulu jika belum memiliki akunnya. Buka https://www.cloudflare.com lalu Klik menu Login

Cara Custom Domain Google Site

Setelah itu kita akan di arahkan pada form login, silahkan isi kan email bagi yang sudah ada akunya. Bagi yang belum dapat mendaftarkannya terlebih dahulu dengan klik menu Sign up.

Cara Custom Domain Google Site

Selesaikan proses Sign Up dengan email yang aktif. Kemudian Add Domain yang sudah kita beli di provider domain tadi.

Cara Custom Domain Google Site

3. Merubah NS Bawaan Provider Domain

Login pada dashboard clien area tempat kita beli domain. Setelah di Add Domain copy kan NS Cloudflare nya ke provider domain yang di beli sepeti di gambar bawah ini

Cara Custom Domain Google Site

Kemudian Save dengan cara Klik Change Nameserver

2. Kofigurasi Custom Domain Pada Dashboard Google Site

Setelah selesi pada member client di provider domain, kita lanjutkan Add Domain di Google site dengan login https://sites.google.com kemudian Add Domain yang sudah kita beli di menu Settings.

Cara Custom Domain Google Site

Pilih Use a domain from a third party dan Next kemudian isikan domainnya. Lalu verifikasi domain dengan add TXT pada Cloudflare.

Cara Custom Domain Google Site

Copykan kode TXT tersebut pada Cloudflare seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Custom Domain Google Site

Setelah itu klik tombol Verify pada Google Webmaster Central di gambar sebelumnya. Jika sudah verify dan sukses kita lanjutkan dengan pengaturan SSL dan Redirect ke https:// dengan cara seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Custom Domain Google Site

SSL ini di hidupkan agar website lebih aman dengan menggunakan sertifikat SSL dari Cloudflare. Kemudian Redirect dengan metode 301-Permanent Redirect seperti di gambar bawah ini

Cara Custom Domain Google Site

 

Setelah proses selesai, coba buka website dengan alamt custom domain yang telah kita konfigurasi tadi.

Kesimpulan

Pada tahapan ini kita telah mengkonfigurasi domain kita dengan Cloudflare, kenapa harus menggunakan cloudflare? Karena lebih cepat dan layanan lebih stabil dari pada Default Manage DNS provider domain. Dengan costum domain ini di harapakan akses ke webisite jadi lebih efisien dan mudah. Semoga berhasil